Workshop dan Pelatihan Standar ISO 9001:2015

Foto Page Detail

Workshop dan pelatihan yang diadakan selama 3 hari, tertulis dari tanggal 29-31 Mei 2023 telah sukses dilaksanakan, dimana worksop dan pelatihan ini berguna untuk peningkatan mutu standar ISO 9001:2015. Dimana ISO 9001:2015 merupakan versi terbaru dari standar internasional untuk sistem manajemen mutu yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Standar ini memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk mengelola dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang disediakan oleh organisasi.

ISO 9001:2015 juga didasarkan pada pendekatan berbasis risiko dan menekankan pada pemahaman yang lebih mendalam tentang konteks organisasi dan kebutuhan pelanggan. Beberapa perubahan utama dalam versi 2015 ini termasuk:

Pendekatan berbasis risiko:

ISO 9001:2015 memperkenalkan konsep manajemen risiko yang lebih terintegrasi dalam sistem manajemen mutu. Organisasi diharapkan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko yang terkait dengan proses bisnis mereka, dengan tujuan mengurangi risiko yang tidak diinginkan dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Pendekatan berbasis konteks:

Standar ini menekankan pentingnya memahami konteks organisasi, termasuk pemahaman tentang lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi operasi organisasi. Dalam konteks ini, organisasi diharapkan untuk mengidentifikasi stakeholder yang relevan dan memahami kebutuhan mereka agar dapat memberikan produk atau layanan yang memenuhi harapan pelanggan.

Fokus pada hasil:

ISO 9001:2015 menggeser fokus dari pemenuhan persyaratan dokumen ke pencapaian hasil yang diinginkan. Standar ini mendorong organisasi untuk menetapkan tujuan yang jelas, mengukur kinerja, dan melakukan peningkatan berkelanjutan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Peningkatan komunikasi dan dokumentasi:

ISO 9001:2015 memperkuat persyaratan untuk komunikasi internal dan eksternal yang efektif dalam organisasi. Standar ini juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengelolaan dokumentasi, mengizinkan organisasi untuk mengadopsi pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Integrasi dengan standar lain:

ISO 9001:2015 menggunakan kerangka kerja yang seragam dengan struktur inti standar ISO lainnya, yang dikenal sebagai "High-Level Structure" (HLS). Ini memungkinkan integrasi yang lebih mudah dengan standar ISO lainnya, seperti ISO 14001 (sistem manajemen lingkungan) atau ISO 45001 (sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja).

ISO 9001:2015 memberikan panduan yang komprehensif untuk membantu organisasi dalam mengelola kualitas secara efektif, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Implementasi standar ini dapat membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi, kehandalan, dan reputasi mereka di pasar.

Latar Belakang

Kajian diagnostik dan Penyusunan dokumen merupakan aspek penting dalam penerapan sistem manajemen mutu berbasis Standar ISO 900 :2015. Ada dua hal yang bisa menjadi pertimbangan pentingnya kajian diagnostik dan penyusunan dokumen. Pertama, Hasil telaah mandiri dan dokumen yang telah disusun akan menjadi dasar dan acuan bagi setiap individu di Rumah Sakit pada proses implementasi standar ISO 9001:2015. Dengan adanya telaah mandiri dan dokumen yang dipersiapkan secara baik, akan menjadi dasar yang kuat bagi kelancaran implementasi. Kedua, dokumen atau dokumentasi memiliki arti yang sangat penting pada proses Audit sertifikasi oleh Lembaga sertifikasi ISO 9000. Dokumentasi sebaik apapun tanpa diikuti implementasi yang baik akan menjadi tidak bermakna pada proses audit sertifikasi.

Agar dalam memenuhi kebutuhan standar dan dokumentasi dapat sejalan dengan persiapan audit sertifikasi oleh lembaga sertifikasi ISO 9001:2015, maka diperlukan pemahaman yang baik dari seluruh staf Rumah Sakit tentang sistem manajemen mutu yang ada saat ini serta Dokumentasi yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan adanya Bimbingan teknis dalam hal Kajian diagnostik dan dokumen ISO 9001 agar dapat tersusun dokumentasi sesuai persyaratan Standar ISO 9001 sebagai panduan dalam implementasi.

Tujuan

Tujuan Workshop dan Pelatihan ini secara umum adalah untuk membantu pimpinan staf Rumah sakit dalam menilai sistem yang dimiliki RS saat ini serta menyiapkan dokumentasi yang diwajibkan dalam standar ISO 9001:2015 . Adapun secara khusus, Workshop dan Pelatihan ini bertujuan untuk:

  1. Membantu tim standar dalam mengidentifikasi ketersediaan dokumen yang telah dimiliki setiap unit terkait Sertifikasi ISO 9001:2015
  2. Membantu tim standar dalam mengembangkan dokumen turunan yang diperlukan dalam implementasi ISO 9001:2015.

Peserta

Adapun peserta yang diharapkan dapat mengikuti bimtek ini adalah perwakilan dan masing-masing bagian/unit pelayanan di Rumah sakit.

Fasilitator

Kegiatan bimtek ini akan difasilitasi oleh tim Konsultan Manajemen Mutu dari Jakarta Consulting Group dipimpin Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua.


Kembali
Charitas Mobile Care